Home » » HIKMAH BERPUASA

HIKMAH BERPUASA

Tidak ada satupun perintah maupun larangan Allah SWT tanpa terkandung di dalamnya sebuah hikmah yang besar. Kita hendaknya bersyukur kepadaNya bila diberi kemudahan untuk mengambil hikmah tersebut. Oleh karena itu, kita harus senantiasa mendekatkan diri kepada Allah supaya Allah memudahkan kita dalam mencari hikmah dari sebuah perintah ataupun laranganNya.

Allah SWT memerintahkan kepada kita untuk melakukan ibadah puasa.Puasa menurut bahasa arab berasal dari kata as saum atau assiyam yang berarti menahan atau mencegah.Puasa secara istilah diartikan menahan diri dari makan , minum dan hal-hal yang membatalakan puasa serta mengendalikan diri dari hawa nafsu mulai terbit fajar sampai terbenamnya matahari.

Orang yang melaksanakan ibadah puasa mendapat dua kegembiraan yakni kegembiraan ketika berbuka karena kurang lebih empat belas jam tidak makan dan tidak minum.Begitu adzan magrib tiba, betapa nikmatnya dan gembiranya orang yang berpuasa itu.Hidangan diatas meja telah siap untuk dinikmati.
Yang kedua kegembiraan ketika berjumpa dengan Allah di akhirat nanti.Kita akan merasakan kebahagiaan yang luar biasa.
Disamping itu puasa juga dapat menambah ketakwaan kita kepada Allah SWT dan juga mengandung bebrapa hikmah antara lain sebagai berikut :
  1. Bagi orang yang berpuasa dengan menahan lapar dan haus sejak dari terbit fajar hingga terbenamnya matahari, maka dapat dipastikan akan timbulnya rasa iba dihatinya terhadap fakir miskin yang seringkali tidak makan, sehingga timbullah keinginan untuk menolong.
  2. Orang yang berpuasa dapat mendidik diri untuk berbuat sabar dalam menghadapi berbagai cobaan dan penderitaan. Sebab orang yang berpuasa itu harus mampu menahan penderitaan lapar dan haus. Sehingga dengan demikian akan terlatihlah kesabaran di hatinya.
  3. Orang yang berpuasa dapat mendidik diri untuk bersifat amanah dan percaya diri. Karena dengan menahan lapar dan haus tidak ada orang yang tahu kecuali hanyalah Allah. Sehingga akan terlatihlah sifat amanah dan percaya diri.
  4. Orang yang berpuasa dapat mendidik untuk tidak berbuat dusta dan berkata keji serta dapat mendidik untuk menjauhi sifat - sifat keji.
  5. Orang yang berpuasa dapat memelihara kesehatan tubuh. Menurut para dokter, pencernaan yang digunakan secara terus menerus akan mudah rusak. Oleh karena itu dengan puasa, pencernaan diistirahatkan sementara. Lemak-lemak tubuh yang tertimbun akan terbakar dengan baik. Dengan demikian, orang yang berpuasa akan terjaga kesehatannya.
Mengatur makan dan minum adalah salah satu cara yang dilakukan oleh Rosulullah, sehingga beliau tidak makan apabila tidak merasa lapar begitupun beliau tidak minum apabila tidak merasa haus.
Terlalu banyak makan dan minum bisa mendatangkan penyakit. Al quran telah melarang makan dan minum secara berlebih-lebihan, sebagaiman tersebut dalam surat Al A'rof ayat 31  yang artinya " makan dan minumlah kamu dan janganlah kamu berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak suka terhadap orang-orang yang berlebih-lebihan.

Demikianlah sekilas tentang hikmah berpuasa. Semoga bermafaat dan menjadikan kita tambah iman, islam dan ihsan. Amiin......

0 komentar:

Post a Comment

Powered by Blogger.